Menggunakan SEO Atau PPC

PPC
Tahukah Anda apa itu SEO dan PPC? Jika jawabanya tidak tahu, berarti tak ada salahnya membaca artikel ini dari awal hingga akhir. Kedua hal tersebut penting untuk Anda fahami apalagi jika Anda bergerak di bisnis online.

Sebelum saya menjelaskan keduanya saya akan memberi gambaran singkat mengenai strategi mendapatkan traffic di internet. Komunitas online adalah pasar luas yang tidak bisa Anda abaikan, terutama jika Anda adalah seorang pemasar online. Ada ribuan bahkan jutaan konsumen yang bisa Anda dapatkan di sana. Artinya internet meberikan sejuta peluang namun di samping itu dengan semakin murah dan terjangkaunya akses intenet ada begitu banyak pemain yang hadir di sana.

Dengan kondisi seperti ini memiliki website saja tidaklah cukup untuk membuat bisnis Anda bisa bersaing. Anda perlu melakukan upaya “ekstra” agar mampu memikat ribuan pengunjung ke situs Anda setiap harinya. Oleh karena itu Anda harus bisa mengekspose website Anda. Buatlah website Anda terkenal dan dilihat banyak orang.

Untuk mendapatkan traffic tinggi ada dua strategi yang bisa Anda gunakan. Anda bisa menggunakan SEO atau PPC.

SEO

SEO singkatan dari Search Engine Optimization. Beberapa riset mengindikasikan bahwa 60% - 70% dari peselancar internet dan pengguna sebenarnya menggunakan mesin pencari Google untuk mencari dan menemukan situs web serta laman, pada topik yang mereka inginkan. SEO merupakan proses yang diambil untuk memastikan bahwa saat pengguna internet melakukan pencarian merekan akan menemukan website Anda di ranking teratas di antara hasil pencarian. Dengan cara ini Anda dapat memastikan bahwa bisnis Anda akan terlihat dan dapat lebih menonjol daripada kompetitor.

Dalam SEO, Anda tidak perlu membayar untuk tiap “klik” meskipun Anda harus berjuang ekstra menghabiskan waktu melakukan penelitian untuk mendapatkan kombinasi kata kunci yang tepat dan menguntungkan. SEO adalah proses jangka panjang satu. Memang di awal Anda mungkin harus berbulan-bulan bersakit dahulu , sebelum hasil yang tepat sepenuhnya tercapai, tetapi setelah tujuan tercapai, Anda pasti akan mendapatkan sumber tetap dari keuntungan.

PPC

PPC adalah singkatan dari Pay Per Click. Memilih cara ini artinya ada biaya setiap kali pengunjung atau web surfer mengklik salah satu iklan Anda. Biasanya ada proses tawar menawar. Penawar tertinggi untuk harga per klik pasti akan mendapatkan kesempatan yang pertama terdaftar di mesin pencari.

Sebagian besar penyedia iklan PPC memungkinkan Anda menentukan target pasar, baik dengan topik, industri atau lokasi geografis. PPC memungkinkan Anda beriklan ke seluruh komunitas online. Hal ini juga relatif mudah untuk diatur. Sepintas, menggunakan cara ini kelihatannya sangat mahal. Mungkinkah terjadi bahwa seseorang di luar sana akan terus mengklik iklan Anda? Ini pasti akan meninggalkan tagihan besar tanpa keuntungan bagi Anda. Tapi tak perlu kuatir saat ini jaringan dapat mengenali klik penipuan.

Anda juga dapat mengatur anggaran untuk jangka waktu tertentu. Saat anggaran Anda telah digunakan dengan target jumlah klik, iklan Anda tidak akan lagi ditampilkan hingga periode berikutnya Anda ingin lagi ditampilkan.






Lalu dari keduanya mana yang tepat? Semua tergantung dari tujuan, sumber daya dan strategi Anda dalam jangka pendek, menengah hingga panjang.

No comments for "Menggunakan SEO Atau PPC"