Mengenal Blog dan Jenisnya

Mengenal Jenis Blog
Sejak kemunculannya pada tahun 1995, blog secara dramatis mengubah cara komunikasi yang mempengaruhi opini publik dan media massa di seluruh dunia. Sebutan “Blog” awalnya perpaduan dari dua istilah web dan log, yang mengarah ke web log, weblog, dan akhirnya ke blog. Blog memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan halaman web standar. Blog memungkinkan kita dengan mudah membuat halaman baru. Saat ini ada jutaan blog dengan berbagai fokus dalam banyak topik mulai politik, olahraga, musik, fashion, kuliner, hobi dan masih banyak lagi.

Saat ini ada berbagai macam sistem yang digunakan untuk membuat dan mengelola blog. Anda bisa memanfaatkan layanan blog gratis seperti yang disediakan oleh blogger, wordpress atau membuat blog dengan menyewa hosting sendiri menggunakan joomla, wordpress dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa jenis Blog yang bisa Anda temukan :

• Personal blog – blog jenis ini mirip sebuah buku harian Anda, tetapi versi online. Di sini Anda dapat memposting pengalaman sehari-hari dan menginformasikan kepada dunia apa yang terjadi pada Anda. Sebagai contoh adalah blog saya:  Blog Fathoni Arief.
• blog karier - biasanya terfokus pada kemampuan profesional seseorang
• blog sosial budaya - membahas berbagai tema mulai dari olahraga, teater, musik dan seni lainnya. Di antara jenis blog inilah yang paling banyak dibaca.
• blog Bisnis – blog seperti ini bisa berisi tips tentang memulai bisnis atau bisa juga si pemilik blog memasarkan suatu produk yang ia miliki
• blog minat khusus – blog seperti ini menampilkan satu bidang yang menyangkut profesi atau komunitas tertentu
• Moblog- blog , di mana konten diposting ke internet dari perangkat mobile.


No comments for "Mengenal Blog dan Jenisnya"