Sebuah Pengantar Tentang Nge”Blog”


Fenomena ngeblog memang sudah mewabah tak hanya di kota bahkan hingga pelosok. Sebenarnya apakah blog itu? Sekira delapan tahun lalu ketika ditanya hal tersebut yang ada di benak saya blog adalah buku catatan harian di internet. Ternyata hal tersebut tak salah meskipun pengertiannya terlalu sempit.
Blog sejatinya merupakan singkatan dari “web log”. Ini adalah bentuk aplikasi web yang isinya terdiri dari tulisan-tulisan bias disebut “kumpulan postingan” di sebuah halaman web. Kumpulan postingan ini dimuat berurutan. Biasanya blog dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan hal yang diminati.

Biasanya, konten blog tentu sangat tergantung dari tujuan sang blogger. Jika seorang blogger ingin memasarkan sesuatu, parfum, pakaian, atau mobil vintage, biasanya menampilkan katalog produk yang disebutkan. Blog pribadi terdiri dari kejadian sehari-hari, hasil pengamatan, tanggapan tentang komentar orang lain.Sebuah blog harus diperbarui setiap hari untuk memberikan pembaca alasan terus datang kembali lagi.

Alat bantu dan Konsep

Blogging bisa menjadi merepotkan jika Anda tidak memahami bagaimana caranya. Apa ini RSS, URL, blogroll ? Bagaimana saya bisa menggunakannya? Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, berikut adalah beberapa istilah dan definisi dari beberapa alat biasanya digunakan dalam ngeblog dan konsep-konsep yang pergi dengan itu.

Bagi Anda yang masih awam dengan blogging berikut ini beberapa istilah yang bakal sering Anda jumpai terkait dengan aktifitas ngeblog.

Arsip - catatan tentang dokumen atau file penting disimpan

Blogrolls - daftar jejaring yang terkait dengan halaman web

Komentar Spam - tanggapan yang tidak relevan yang diposting pada halaman web

Excerpt - ide diringkas dari pos biasanya memiliki bagian dari seluruh artikel

Guest - adalah pembaca, pemirsa, spammer, dll, yang mengunjungi situs Anda

Host - situs web yang bersedia mengakomodasi pendaftaran Anda sebagai blogger

Introduction - bagian awal dari halaman blog menampilkan profil pribadi penulis atau deskripsi singkat mengenai isi blog

Link – ikatan serangkaian bagian di web untuk navigasi dari satu situs ke situs lainnya; juga dikenal sebagai "permalink" atau "hyperlink"

Plugin - istilah gabungan untuk plug-in, ini adalah karakter atau script menambahkan fungsi tambahan ke situs 

No comments for "Sebuah Pengantar Tentang Nge”Blog”"